Bisnis Oleh Oleh

3 Perlengkapan Wajib Pengusaha Bisnis UKM

Jika anda seorang pengusaha UKM, perlengkapan apa saja yang harus anda miliki untuk membantu menjalankan usaha agar mencapai target dengan lancar tanpa persediaan?

Indonesia sekarang ini tengah gencar mengembangkan beberapa usaha kecil dan menengah. Dengan harapan besar akan menjadi sebuah prospek perekonomian yang lebih baik untuk bangsa sekarang ini.

Hal ini nampak dari lembaga keuangan yang memberikan kredit usaha rakyat atau KUR. Karena memang dalam usaha membutuhkan modal, dan cara mendapatkan modal salah satunya adalah mengajikan kredit ke lembaga keuangan atau bank.

Cara ini memang efektif namun pengajuan anda tidak akan secara langsung disetujui oleh pihak bank. Mereka akan meminta persyaratan wajib dan juga dokumen tambahan untuk pelengkap serta syarat yang sudah disetujui.

Jika berhasil mendapat kredit dengan bunga rendah, itu sebuah keuntungan. Jenis kredit pinjaman apapun perlu dimaksimalkan agar kesempatan membangun usaha tetap jalan.

Sarana lain yang harus dimiliki oleh pebisnis UKM dalam menjalankan usahanya

Selain modal uang pemilik bisnis juga memerlukan 3 hal pendukung lainnya yaitu:

1. Pemasaran Produk

Modal uang memang penting, tapi tidak selamanya uang selalu menjadi modal yang diprioritaskan. Pasti banyak yang menginginkan usahanya dapat berkembang dengan cepat dan banyak orang yang mengenalnya. Untuk tujuan tersebut perlu memiliki memasarkan produk.

Jaman sekarang sudah serba canggih, tanpa uang anda bisa memasarkan lewat sosial media, dengan begitu kita tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Peran pemerintah pun dibutuhkan untuk memberikan pelajaran mulai dari semitar, atau pelatihan pemasaran yang baik dengan cara yang tadisional.

2. Mengelola Keuangan Bisnis

Saat pemasaran sudah dilakukan dan berjalan dengan baik, kita perlu melakukan perkembangan lebih cepat lagi agar banyak orang yang mengenalnya dan meraih keuntungan yang maksimal. Kemudian kita bisa berkumpul

Ketika pemasaran sudah dilakukan dengan sangat baik maka hal ini merupakan awal yang baik pula bagi usaha anda untuk bisa berkembang lebih cepat. Saat pendapatan usaha kita terkumpul, kita pasti memerlukan pengelola keuangan.

Caranya adalah dengan merekrut orang yang berna-benar ahli di bidang ini, serta merjaga dengan baik dan benar.

Anda juga harus bisa membedakan antara uang pribadi dan uang, agar kedua uang tersebut tidak tercampur menjadi 1.

Pelajarilah dalam cara membuat laporan keuangan yang benar, agar keuangan anda tidak dipertanyakan lagi yang mana keuangan pribadi dan yang mana keuangan usaha.

3. Bantuan Legal / Izin / Hukum

Sudah memiliki semuanya, jangan lupa untuk memiliki surat izin untuk mengontrol dengan baik. Izin sendiri dibutuhkan agar kita diperbolehkan untuk menjalankan usaha kita, peran pemerintah dibutuhkan disini untuk memberikan sosialisas atau pengetahuan tentang hukum perijinan, pajak serta penjelasan lain yang berhubungan dengan legalitas.

Jangan hanya karena masalah hukum membuat usaha anda menjadi hancur, pastikan anda mematuhi dengan mendapatkan perijinan secara sah serta segala sesuatu dalam usaha anda yang sesuai dengan peraturan hukum di negara anda.