Agribisnis

5 Jenis Peluang Usaha Bidang Pertanian yang Menjanjikan

Ada banyak pilihan peluang usaha agribisnis di bidang pertanian, khususnya di Indonesia yang banyak memiliki wilayah atau letaknya yang geografis dan strategis dengan iklim tropis. Negara Indonesia memiliki tingkat kesuburan yang tinggi, ditambah banyaknya bekas letusan gunung berapi yang materialnya bermanfaat untuk kesuburan tanah.

Beberapa contohnya ada jagung, sawit, padi, sayuran dan buah-buahan lainnya. Di Indonesia ada banyak petani walaupun lahan untuk bertani semakin lama semakin sedikit karena banyaknya bangunan yang berdiri.

Memilih usaha di bidang pertanian menguntungkan

Pertanian memang menjadi pemegang peran besar dalam mendistribusikan bahan pangan untuk masyarakat. Selain berperan untuk bahan pangan pokok, ada beberapa jalan dimana pertanian bisa menjadi bisnis, berikut beberapa peluang bisnis di bidang pertanian yang potensial.

1. Menyediakan bibit tanaman berkualitas

Menjual bibit tanaman menjadi hal yang mendasar sebagai bisnis di bidang pertanian, Apa lagi ini bisa menjadi hal yang mudah bagi anda yang masih belum memiliki pengalaman sama sekali dalam bidang pertanian.

Anda tidak boleh putus asa begitu saja, belajarlah pertanian dari hal yang mendasar, seperti mempelajarinya dengan ikut dalam penyuluhan dari dinas pertanian sekitar anda. Atau anda bisa belajar dari orang yang terdekat yang memang memiliki keahlian dalam persoalan bibit tanaman.

Kalian juga bisa mencari pengalaman lain lewat media internet, seperti mempelajari informasi tentang teknik dan cara bertani lewat YouTube.

2. Pertanian sayuran organik

Hidup sehat bukan hanya melakukan olahraga setiap hari, tapi juga ditambahkan dengan tunjangan dari makanan yang sehat.

Makanan organi merupakan salah satu pilihan karena penanamannya menggunakan pupuk yang tidak mengandung banyak bahan kimia. Produk sayuran seperti ini dicari banyak orang, karena kandungan serat dan zat yang baik bagi tubuh.

Untuk menanam sayuran organik tidak perlu memakai lahan yang besar dan luas, kalian bisa menggunakan media sederhana atau dengan lahan sempit di rumah anda sekalipun.

3. Budidaya tanaman hias

Ini menjadi salah satu bisnis bidang pertanian yang cukup banyak diminati dan menyenangkan. Karena sebagian besar orang ingin membuat rumahnya semakin indah dengan tanaman hias, tidak hanya rumah, ada juga perkantoran, mall dan masih banyak tempat lain yang memang membutuhkan tanaman hias untuk membuat tempat mereka terlihat lebih indah.

Berbagai jenis tanaman hias bisa kalian jual, seperti bunga anggrek dalam banyak bentuk dan warna yang menarik. Masih ada jenis tanaman hias lainnya yang bisa menarik banyak perhatian dan harganya bergantung dengan kelangkahan dan keindahannya.

4. Distributor peralatan pertanian atau menyewakan

Barang pendukung pertanian sekarang ini semakin canggih dan membuat pekerjaan pertanian semakin mudah dan efisien. Banyak petani yang awalnya menggunakan alat tradisional dalam bertani beralih ke alat yang lebih modern.

Jika kalian memiliki modal yang besar, kalian bisa membuka tempat menjual alat-alat modern ini atau karena harganya yang masih mahal di kalangan petani, kalian bisa membuka jasa penyewaan alat pertanian modern ini.

5. Konsultan dan ahli pertanian

Kalian yang masih belajar seperti di tempat perguruan tinggi atau sudah lulus dari jurusan pertanian, akan menjadi sebuah hal yang positif jika kalian mencoba membuka usaha di bidang konsultasi pertanian.

Sekarang ini juga pemerintah memberikan banyak perhatian terhadap sektor pertanian di Indonesia, hal ini dilakukan agar hasil panen berkualitas serta memiliki mutu yang tinggi.

Banyaknya pengetahuan yang anda miliki dapat diaplikasikan serta disalurkan agar pertanian dalam sebuah organisasi semakin kreatif serta menghasilkan hasil panen yang berlimpah.