Jual Beli Mobil Bekas

5 Strategi Jitu Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Setiap pengusaha jual beli mobil bekas memerlukan pengalaman yang panjang untuk bisa menyusun strategi jitu dalam menjalankan bisnis ini agar mendapat keuntungan besar dalam jangka yang panjang.

Jaman yang serba teknologi ini terdapat banyak jenis pekerjaan yang dapat kita kerjakan dengan tahapan yang tinggi. Banyak jenis perkejaan yang secara langsung atau online sekalipun, semuanya dijalankan dengan jeli dan maksimal agar peluang yang menguntungkan dapat anda raih.

Bisnis jual beli mobil bekas adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Semua orang banyak yang membeli barang baru, namun kata ‘bekas’ bukan berarti hal yang buruk. Bisnis ini cukup menguntungkan, karena adanya faktor pendorong seperti masyarakat yang setiap harinya menggunakan kendaraan bermotor untuk berpergian.

Berjalannya waktu membuat harga kendaraan terutama mobil semakin meningkat harganya, untuk membeli mobil masyarakat sebagian besar ada yang memilih jalur alternatif, yaitu dengan membeli mobil bekas.

Hal ini membuat bisnis jual beli mobil bekas semakin ramai, dan sebenarnya usaha seperti ini tidak berbanding jauh dengan bisnis properti. Modal yang harus dikeluarkan untuk usaha ini memang tidak kecil, seperti yang kita tahu kendaraan seperti mobil termasuk barang mewah. Kesulitan lain ketika anda tidak bisa memilih dengan baik lokasi yang tepat untuk membuka usaha ini.

Anda harus ingat kalau target anda adalah masyarakat menengah ke atas, jadi anda harus sabar. Karna itu lokasi anda membuka jual beli mobil bekas ini sangat berpengaruh. Ada beberapa strategi yang harus kalian gunakan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis ini, diantaranya :

1. Memilih tempat strategis

Kita perlu mencari tempat yang memiliki ruang besar, karena ukuran mobil yang besar untuk diparkir berderet agar calon pembeli bisa melihat langsung dan memilih dengan baik. Tidak perlu membeli lahan, hanya perlu menyewa tempat saja untuk membuka usaha ini. Pilih lokasi strategis seperti di pinggir jalan raya yang memang dilewati banyak orang, dan orang yang melewati tempat usaha kita bisa melihat mobil-mobil yang kita jual.

2. Menyediakan jenis mobil bekas yang banyak dicari dan paling laku

Ketika sudah mendapatkan tempat, anda tentu akan menyediakan mobil bekas yang akan anda jual. Disini kalian perlu memilih dengan hati-hati, pilihlah mobil yang memang dicari banyak orang dan mudah untuk dijual tentunya.

Mobil dengan merk yang bagus tentu akan membuat usaha anda semakin lancar dan juga anda perlu memeriksa dengan jeli tahun pembuatan mobil tersebut. Jika terlalu tua biasanya calon pembeli kurang berminat, kecuali orang yang memang mencari mobil tua untuk dikoleksi. Jangan lupa memeriksa kendaraan apakah masih bagus dan tentunya layak pakai, hal ini agar pembeli mobil di tempat anda tidak kecewa dengan mobil bekas yang anda jual.

3. Perbaiki penampilan fisik kendaraan supaya lebih menarik

Mobil bekas yang anda beli dan hendak di jual lagi jangan langsung di jual, lihat dulu kondisi fisiknya, ketika masih kurang anda bisa perbaiki mobil tersebut sampai terlihat seperti baru agar minat konsumen semakin meningkat.

Ketika mobil sudah terlihat indah kembali bukan hanya membuat konsumen lebih tertarik, tapi anda juga dapat membuat harga ini menjadi meningkat tentunya, dan konsumen yang membelinya pasti akan merasa sangat puas.

4. Periksa kelengkapan surat

Periksa surat-surat kendaraan mobil bekas yang kalian beli atau yang akan dijual, kelengkapan ini sangat penting dan memang harus lengkap. Ketika membeli mobil bekas jangan sampai ada surat yang hilang atau tidak lengkap, karena usaha ini rentan penipuan dan bisa saja mobil yang anda beli tanpa surat-surat adalah barang curian.

Surat-surat kendaraan yang lekap membuktikan kalau kendaraan tersebut adalah kendaraan yang legal, dan ketika anda menjual mobil dengan kelengkapan surat yang sempurna membuat tempat anda akan semakin dipercaya oleh konsumen.

5. Bangun hubungan baik dengan penjual dan perantara

Untuk membuka usaha yang satu ini kita memang dituntut untuk memiliki jaringan yang luas,  tidak mungkin anda mengharapkan usaha anda dilirik oleh konsumen dalam area itu saja. Sebab itulah kita perlu memperluas jaringan serta membangun hubungan dengan pejual lain serta perantara.

Semakin banyak konsumen yang datang maka usaha anda akan semakin baik. Anda juga dapat mempromosikan usaha anda lewat media sosial. Tidak hanya itu saja, ketika kita memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen itu bisa menjadi nilai lebih, konsumen yang merasa puas bisa saja merekomendasikan tempat anda sebagai tempat jual beli mobil bekas terbaik.