Cafe Kecil

5 Tips Membuka Usaha Cafe Dengan Modal Minim

Sekarang ini sudah tidak heran ada banyak orang yang membangun cafe mereka sendiri, karena cafe sudah menjadi tempat yang sering kali dikunjungi masyarakat perkotaan sebagai bagian dari gaya mereka sehari-hari.

Mereka yang penat dengan rutinitas pasti akan berkunjung ke cafe untuk melepaskan rasa lelah, karena di cafe mereka akan merasakan suasana yang nyaman dan rileks. Hal tersebut merupakan fakta dan membangun cafe kecil sekalipun bisa memberikan keuntungan yang besar.

Tips Membuka Cafe Dengan Modal Kecil

Kalian yang tertarik untuk membuka bisnis ini namun modal anda masih kecil? Tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa tips untuk membuka cafe dengan modal kecil.

1. Sewa Tempat Serta Anggarannya

Mencari tempat merupakan hal yang menghabiskan waktu paling besar disini, karena sebagai pembisnis baru kita perlu menyesuaikan tempat bisnis kita dengan modal yang sesuai anggaran kita.

Jika modal terbatas, anda bisa memilih rumah anda sendiri untuk bisnis ini, mulai dengan membangunnya di depan atau bagian halaman depan rumah bisa anda manfaatkan.

Anda juga bisa menyewa depan rumah tetangga anda yang lahannya cukup untuk membuka bisnis ini. Dari segi biaya, teras atau paviliun lebih murah dari pada haru menyewa kios atau ruko.

2. Pekerjakan Pegawai Dengan Sistem Part Time

Mempekerjakan pegawai dengan sistem part time membuat pengeluaran anda lebih hemat. Di waktu pertama membuka cafe anda sendiri dapat menjaganya, lalu sisa waktu kerja bisa mempekerjakan pekerja part time.

Karena ini kerja part time, jadi memberikan gaji untuk karyawan ini terbilang kecil serta membantu orang lain mendapat pekerjaan walau tidak penuh.

Gajinya sendiri bisa mulai dari gaji perjam sesuai dengan pekerjaan yang ia kerjakan, jadi saat cafe anda sepi akan pengunjung, anda bisa memberikan gaji kepada karyawan part time sesuai dengan perjanjian.

3. Beli Bahan Baku Grosir

Cafe yang anda buka pastinya akan menjual beberapa produk berupa minuman dan makanan. Agar biaya pengeluaran anda tidak terlalu besar, lebih baik anda membeli bahan baku pada pedagang grosir.

Membeli di tempat grosir tentu akan memberikan anda barang dengan harga yang lebih murah, dibandingkan anda harus pergi ke tempat yang bukan grosir. Walau harga yang didapatkan murah, anda tetap harus memilih bahannya dengan baik dan membelinya dalam jumlah banyak. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, karena setiap tempat grosir mewajibkan anda membeli dalam jumlah banyak agar harganya semakin murah.

4. Strategi Pemasaran Dengan Anggaran Minim

Binis ini perlu dilakukan pemasaran, hal ini berguna untuk memperkenalkan cafe anda kepada masyarakat luar dan membuat banyak orang mengetahui cafe anda agar yang datang ke tempat anda semakin ramai.

Pemborosan sering terjadi ketika orang berusaha mempromosikan produk bisnis mereka. Sebab itulah anda perlu memakai strategi terlebih dahulu agar anggaran yang keluar juga semakin hemat.

Lakukan strategi seperti memberikan sample produk anda secara cuma-cuma, agar pengunjung mereview serta memposting review mereka di sosial media. Hal ini bisa membuat cafe anda semakin populer, dan orang yang membacanya akan penasaran dan hendak ingin mendatangi cafe anda.

5. Memberikan Pelayanan Maksimal

Pelayanan merupakan sebuah usaha tanpa mengeluarkan biaya, jadi sebuah cafe perlu memaksimalkan pelayanannya untuk pelanggan. Tunjukkan sikap yang ramah dan baik kepada para pelanggan, sehinga semua yang berada di cafe merasa nyaman. Pengalaman baik yang mereka rasakan di cafe anda akan mereka bagian kepada rekan mereka dan merekomendasikan cafe anda untuk dikunjungi.