Alasan Merger dan Akuisisi Dilakukan Perusahaan

Alasan Merger dan Akuisisi Dilakukan Perusahaan

Suatu perusahaan dibangun dengan tujuan untuk meraih keuntungan sebanyak mungkin dan melakukan segala cara yang memungkinkan untuk menhindari kerugian. Terkadang sebuah persuhaan pun perlu melakukan penggabungan usaha demi tujuan tertentu.

Penggabungan usaha merupakan sebuah aktivitas ekspansi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau lebih untuk membuatnya menjadi satu dan diperluas.

Ada 2 cara untuk menggabungkan dua perusahaan, yaitu dengan merger dan akuisisi. Berikut adalah pengertian dari masing-masing cara.

Merger adalah penggabungan antara dua perusahaan atau lebih menjadi satu, perusahaan yang membelu aset perusahaan lain dan yang menjual akan membubarkan atau berhenti melakukan operasi.

Akuisisi hampir sama dengan merger, dimana akan terjadi penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan dengan membeli aset perusahaan lain, namun perusahaan yang sudah di beli asetnya masih berjalan dan tidak dibubarkan.

Untuk memudahkan penggambaran antara akuisisi dan akuisisi dan merger sebaiknya ilustrasi berikut ini: Perusahaan Arta Wiguna melakukan merger pada PT. Sido Seneng dengan cara membeli seluruh aset perusahaan.

Perusahaan A melakukan marger dengan perusahaan B dengan membeli seluruh asetnya. Sekarang perusahaan B dibubarkan dan ikue nama ke perusahaan A.

Apa yang menyebabkan perusahaan melakukan penggabungan? Berikut adalah beberapa alasannya.

  • Diversifikasi Usaha

Penganekaragaman usaha yang dijalani, dengan melakukan penambahan usaha yang menjual produk lebih dari satu, hal ini akan memberikan peluang yang lebih terhadapan perusahaan untuk mendapat keuntungan.

Bukan hanya keuntungan lebih, namun juga untuk berjaga-jaga jika kedepannya usaha tidak sesuai harapan dan usaha lain akan menutupinya. Pada umumnya perusahaan melakukan investasi dengan membeli perusahaan yang menguntungkan serta menjadi pendukung di masa yang akan datang.

  • Menaikkan Skala Perusahaan

Penggabungan lainnya dilakukan dengan tujuan menambah skala perusahaan, dengan bertambahnya skala dalam pasar dan jaringan perusahaan, maka profit yang akan didapatkan perusahaan akan bertambah banyak.

  • Meningkatnya Likuiditas Pemilik

Saat suatu merger terjadi maka likuiditas yang dimiliki perusahaan tersebut akan bertambah. ketika perusahaan tersebut termasuk perusahaan besar, maka pasar sahamnya akan semakin luas serta terlihat lebih baik dibanding perusahaan yang kecil.

  • Berkurangnya Risiko

Melihat dari penjelasan sebelumnya, saat penggabungan terjadi tentunya ada harapan untuk melakukan bidang usaha lainnya tidak hanya satu. Hal tersebut akan menghilangkan adanya risiko yang akan dialami sebuah perusahaan, mulai dari penurunan sampai mengalami bangkrut, karena usaha yang mereka jalani tidak hanya fokus pada 1 saja.

  • Mengendalikan Usaha Lain Dalam Persaingan

Alasan yang satu ini sering kali menjadi alasan perusahaan melakukan merger, yaitu karena mereka ingin mengambil kendali usaha lain atau dalam persaingan.

– Penetrasi Pasar – Beberapa perasaan sangat sulu melakukan penetrasi pasar untuk masuk pasar tertentu, maka dari itu salah satu jalan membuka jalan pasar ialah dengan menggabungkan pasar.

– Keberlangsungan Stock Bahan Baku – Mereka juga ingin mengendalikan usaha dengan menggabungkan usaha agar stok bahan baku terus berjalan

Mengurai Persaingan