Bisnis Warung Kopi Rumahan Sederhana

Bisnis Rumahan Usaha Warung Kopi Sederhana

Membuka usaha warung kopi memang sebuah usaha yang sederhana dan ini tergolong dalam bisnis kecil, Namun sudah banyak orang yang menjalankannya dan mereka berhasil.

Warung kopi sederhana bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuka peluang usaha yang menjanjikan, hal tersebut memiliki syarat yang tidak terlalu sulit, yaitu melihat serta mempelajari strateginya.

Kalian mungkin tidak sadar sudah mengamati area yang sering kalian lewati, mulai dari perkampungan, perkotaan, dan berbagai tempat lainnya, yang mana tempat tempat tersebut biasanya terdapat warung kopi.

Kota Tulung Agung misalnya, tempat tersebut sudah terkenal dengan kopi cethe, sudah menjadi ikon tersendiri bagi para pecinta kopi. Di setiap perkampungan kita hampir bisa melihat warung kopi disana, tidak hanya pelanggan setia, banyak pengunjung yang datang dan membuat tempat tersebut selalu ramai.

Harga dari kopi pun tidak mahal, untuk kopi hitam biasa atau kopi susu harganya tidak lebih dari 3000 rupiah. Di kota Tulung Agung sendiri memiliki jenis kopi yang sangat terkenal disana, yaitu kopi hijau.

Cobalah pergi ke kota tersebut dan cari ‘warung kopi waris’, karena di tempat tersebut selalu ramai pengunjung dan mereka membuka warung kopi mereka selama 24 jam. Tidak heran jika warung kopi disana mencatat omzet perharinya yang mencapai 3.000.000 rupiah.

Usaha Warung Kopi Sederhana Yang Menjanjikan

  1. Tentukan Target

Tentunya anda harus membuat target, ‘siapa yang akan berkunjung ke warung kopi saya’. Kalian bisa menargetkan konsumen yang akan datang ke warung kopi anda, mulai dari masyarakat umum, kalangan remaja, sampai lingkungan sekitar anda membuka warung kopi.

Ktiga target tersebut perlu kalian terapkan, karena merekalah yang akan mempertahankan usaha warung kopi kalian ketika sudah berjalan nanti.

Kalian bisa membuka warung kopi di lokasi seperti pasar atau daerah sekitar terminal dan stasiun, hal tersebut untuk menarik konsumen masyarakat umum.

Tidak perlu membayar mahal untuk membuka usaha ini, kalian hanya perlu membuka model warung tenda semi permanen untuk menjadi lahan usaha. Karena kita tahu sebagian besar orang yang lewat akan singgah hanya sekedar datang dan menikmati kopi, di tambah lagi mereka ini tidak bisa kita masukkan ke dalam kategori pelanggan tetap.

Untuk kalangan remaja, kita perlu menyediakan fasilitas yang lebih menarik, namun konsepnya tetap pada warung kopi sederhana. Contohnya dengan memberikan fasilitas seperti TV, Musik, dan Wifi, hal tersebut akan menarik para konsumen muda yang ingin bersantai dan berkumpul dengan teman mereka.

Biasanya untuk membuka lahan untuk konsumen muda tidaklah sama dengan lahan untuk masyarakat umum, kita perlu membuka lahan perdagangan seperti di rumah atau menyewa ruko yang tempatnya strategis.

Untuk warga lingkungan sekitar konsepnya akan berbeda dengan yang lain juga, kalian bisa memanfaatkan teras rumah sebagai lahan untuk menjual kopi, atau membuka kedai kecil di dekat rumah Anda.

Seperti yang kita tahu kalau bentuk warung kopi rumahan ini akan ramai pada jam-jam tertentu. Seperti di jam yang sudah tidak sibuk, dimana para pelanggan akan datang untuk bersantai dan ngobrol dengan tetangga mereka. Kalian bisa memberikan fasilitas tambahan seperti TV dan membuka saluran berita, dimana berita tersebut akan menjadi topik pembicaraan mereka saat sedang meminum kopi bersama.

  1. Siapkan Menu Lain Selain Kopi

Warung kopi sederhana tidak hanya menyediakan kopi saja, kita juga perlu menambahkan menu untuk dijual, contohnya dengan menyediakan beberapa jenis makanan ringan. Mereka yang datang berkunjung pasti akan mencari dan bertanya menu lain  selain kopi di warung Anda.

Kalau warung kopi kalian masih terbilang sepi atau belum ada pelanggan tetap, cobalah bersabar dan jangan menyediakan menu terlalu banyak, seperti menyediakan makanan gorengan dan sejenisnya, yang mana itu tidak akan bertahan sampai keesokan hari jika tidak terjual.

Kalian bisa menyediakan makanan ringan yang tahan lama atau bisa menerima penitipan makanan yang memberikan kita komisi, ketika makanan yang dititipkan tidak laku kita hanya membayar makanan titipan yang laku saja.

Apakah penjelasan di atas sudah bisa memberikan jawaban seperti apa konsep usaha warung kopi sederhana? dan apakah ini layak untuk dijadikan peluang usaha rumahan? Tentunya dengan strategi yang sudah dijelaskan kalian bisa mencoba dan mungkin bisa menjadi keberhasilan untuk Anda.