Ide Usaha Sampingan Untuk Pelajar Diluar Jam Belajar

Ide Usaha Sampingan Untuk Pelajar Diluar Jam Belajar

Poin lain dalam mencari pekerjaan sampingan adalah konsep bentuk usaha sampingan yang bisa dilakukan secara offline oleh para pelajar. Tidak hanya berupa usaha kecil saja, pekerjaan ini perlu di jalani dengan santai yang tentunya tidak akan mengganggu jam belajar seorang pelajar. Namun jangan pernah menganggap remeh semua pekerjaan sampingan ini.

Berikut adalah beberapa contoh kerja sampingan yang bisa dilakukan secara offline.

  • Kursus privat

Kerjaan sampingan yang satu ini wajib untuk dipertimbangkan, karena kita bisa membuka kursus untuk pelajar lain yang berada di bawah kita, misalnya seperti anak Sekolah Dasar (SD).

Untuk memulai usaha ini kalian tidak dituntut untuk memiliki modal, kalian bisa memulainya dengan mengenalkan jasa seperti ini kepada tetangga terdekat kalian. Kalau kalian memberikan pelajaran yang berkualitas dan baik, tentunya bukan tidak mungkin keahlianmu akan mulai di dengar dari mulut ke mulut dan bisa menjadi tahap profit untuk diri sendiri.

  • Jasa percetakan

Hal ini bisa kalian lakukan jika kalian memiliki komputer dan printer di rumah. kalian bisa memulainya dari hal yang kecil dulu, misalnya membuka jasa print dan pencetakan di sekitar lingkungan rumahmu.

Cobalah memulai melakukan bisnis kecil ini dimulai dari mencetak desain kartu nama, undangan, atau desain kaos dan masih banyak lagi.

Kalau kalian memang masih memiliki alat untuk percetakan yang terbatas, cobalah untuk menjadi penerima pesanan yang akan disalurkan ke tempat lain, disini kalian hanya akan bertindak sebagai penerima pesanan.

Cobalah untuk menerima pesanan dengan memberikan harga yang lebih rendar dari perusahaan percetakan lainnya, namun tetap dengan memberikan hasil yang maksimal tentunya. Walau di awal hanya bisa mendapatkan 2 sampai 3 konsumen, tetaplah berjalan karena itu bisa menjadi modal awal bagi Anda untuk mengembangkan usaha sampingan serta mengisi waktu luang.

  • Menjual pulsa

Pulsa menjadi kebutuhan semua orang yang tidak akan ada habisnya, karena sebagian besar bahkan semua orang pasti sudah memiliki smartphone masing-masing, yang mana setiap ponsel yang mereka gunakan pasti memerlukan pulsa agar bisa mengirim sms, telpon, sampai membeli paket internet guna keperluan sosial media dan sebagainya.

Kalian tidak perlu memiliki modal besar, hanya memerlukan smartphone serta memilih salah satu distributor pulsa elektrik. Dengan modal tersebut kalian bisa menjual pulsa semua provider yang dimiliki oleh calon konsumen.

Awalnya kita akan memulai dengan menawarkan kepada tetangga sekitar atau teman. Namun jika ini terus berjalan berhasil dan menjanjikan, kita bisa melanjutkan tahap selanjutnya seperti membuka konter pulsa.

  • EO (Event Organizer)

Jika Anda telah memiliki relasi yang luas dan bagus di halaman kampus ataupun sekolah, kalian bisa memanfaatkannya dengan membangun bisnis.

EO sendiri merupakan organisasi untuk mengatur kegiatan atau acara tertentu, dimana kita akan melakukan perencanaan sampai pelaksanaannya.

Buatlah organisasi dalam skala kecil terlebih dahulu, buatlah tim dan bukalah jasa desain acara pesta ulang tahun anak-anak, kalian bisa menargetkannya ke lingkungan sekitar terlebih dahulu.

Jika sudah berjalan dan kalian merasa sudah cukup mampu meneruskan ke tingkat selanjutnya, cobalah untuk membuat acara besar seperti di sebuah pernikahan atau acara hiburan yang dananya berasal dari sponsor.