Ide Usaha UKM Kuliner Yang Menjanjikan

Ide Usaha UKM Kuliner Yang Menjanjikan

Seperti yang kita tahu, dengan modal kecil tentunya kita bisa membentuk bisnis UKM, walaupun masih kecil namun tetap menjadi prospek yang menjanjikan. Kita dapat memulainya dengan modal kecil dan produk UKM sangat dekat dengan masyarakat.

Bisnis UKM ini adalah salah satu penggerak di Indonesia dalam bidang ekonomi, yang mana dapat membawa masyarakat menuju kesejahteraan. Hal tersebut akan berlangsung dengan memproduksi produk yang ditujukan untuk para konsumen tentunya.

Salah satu UKM yang menguntungkan adalah di bidang usaha kuliner, ada beberapa macam kuliner yang bisa kita jalani dengan modal kecil dan tentunya dengan keuntungan yang menggiurkan.

Contoh UKM Kuliner Yang Cukup Menguntungkan

1. UKM Makanan Cemilan

Yang termudah adalah membuka usaha makanan ringan, hal ini tergolong sangat mudah, ditambah dengan modal yang tidak perlu terlalu besar. Tidak hanya itu, melihat kebiasaan maysarakat yang menyukai jajanan, membuat pemasaran produks makanan cemilan sangat mudah diterima oleh masyarakat.

Untuk meneruskan usaha ini kepada masyarakat, kita bisa memulainya dengan skala kecil, yaitu menitipkannya ke warung atau toko. Sistem yang digunakan adalah membayar kemudian untuk perkenalan produk baru.

2. UKM Kuliner Warung Tenda

Warung tenda adalah jenis usaha UKM kuliner lain yang cukup menjanjikan dan semua orang kenal dengan jenis usaha ini. Ini adalah konsep warung yang hanya di atapi oleh tendam dan kita bisa memilihnya sebagai tempat untuk makan.

Tempat ini sering kita temukan saat hari sudah malam dan sepi. Peminat tempat ini tentu bukan untuk kalangan bawah saja, malah orang besar seperti artis pun mau mampir ke tempat ini, yang biasanya merasa lebih suka rasa makanan yang ada di tempat ini, terasa lebih pas.

3. Bisnis Katering Rumahan

Jika kita pintar dalam memasak berbagai macam makanan, cobalah membangun manajemen yang baik dan membuka orderan katering rumahan. Cobalah membangun dengan modal pesanan kecil lebih dahulu, walau memang modalnya kecil tapi bisnis seperti ini layak untuk dicoba.

Mulailah mengambil orderan katering makanan skala kecil lebih dahulu dan membuka harga perkenalan, seperti katering untuk pernikahan atau jamuan makan dalam sebuah acara tertentu.

4. Produk Minuman

Setelah makanan, kita bisa membuka bisnis UKM kuliner minuman, ini termasuk yang paling laris di kalangan anak muda, anak anak, dan orang tua sekalipun.

Kita bahkan sering kali melihat di setiap jalan ibu kota atau pinggiran sekalipun, banyak orang yang menjual berbagai macam minuman. Biasanya usaha seperti ini berjalan dengan sistem waralaba.

Contohnya:

Super Juice. bisnis waralaba dengan modal kemitraan usaha sebesar 6 hingga 8 juta.

Dawet Ayu. Modal usahanya sekitar 7 juta rupiah.

Justmine Pisang Ijo. Dapat dimulai dengan modal kisaran 5 jutaan.

Joglos Coffee. Dengan modal sekitar 7 juta.

UKM waralaba ini di prediksi akan terus berpeluang besar di tahun 2021.

5. Bisnis Kuliner Unik Kreatif

Bisnis kuliner seperti tidak ada matinya, semakin kesini semakin banyak brand kuliner baru bermunculan dengan keunikan mereka masing-masing guna menarik pasar.

Misalnya dengan memberikan nama unik yang membuat banyak orang penasaran, walau sebenarnya kuliner yang ditawarkan sudah ada pada umumnya, namun dengan versi yang terbaru.

Contohnya:

Mie Rampok Surabaya. Terkenal dengan citarasa pedas dan model warung sperti dipenjara.

Nasi goreng jangkrik. Nasi goreng dengan porsi besar ditambah dengan citarasa pedasnya.

Jika kreatifitas telah anda miliki, maka akan ada banyak ide bisnis kuliner lainnya yang bisa anda tuangkan untuk menarik pasar dan para pecinta wisata kuliner.