Istilah-Populer-Dunia-Bisnis-Startup

Istilah Populer Dunia Bisnis Startup

Di Indonesia sendiri belakangan ini tengah hangat memperbincangkan tentang startup, Tidak hanya mereka yang sudah menjalankan bisnis ini, malah banyak orang yang belum tahun ingin ikut belajar dan mengetahui banyak hal tentang startup.

Startup merupakan kewirausahaan yang berkembang sangat cepat, karena bisnis yang satu ini masih terbilang baru namun perkembangannya sangat pesat.

Ada beberapa startup yang memang sudah meraih banyak keberhasilan di Indonesia, mulai dari Traveloka, Tokopedia, Go-jek dan bukalapak.

Lebih baik bagi kalian yang ingin ikut dalam bisnis di dunia startup ini, Anda perlu mengetahui lebih dahulu istilah yang ada dalam dunia startup agar kedepannya Anda menjalankan bisnis ini lebih mudah.

Inkubator

Ini menandakan kalau startup masih baru dibuka atau dalam proses menuju inkubasi.

Dalam masa tersebut startup disediakan dengan lengkap bersama mentornya, beberapa inkubator juga biasanya menyiapkan catatan untuk tahap tersebut.

Untuk berapa lama prosesnya, biasanya inkubasi memerlukan waktu 1 sampai 3 bulan lamanya.

Akselator

Hampir sama dengan fungsi yang dimiliki inkubator. yang membedakan Accelator jauh dengan startup perusahaan yang siap untuk berkembang. Ini dipakai untuk menambah pertumbuhan bisnis.

Aktivasi

Arti aktivasi adalah pengukuran tingkat kompersi yang dimulai dari saat calon pengunjung menjadi pengguna yang tengah aktif pada situs Anda.

Sewa Acqui

Strategi mendapatkan sesuatu ketika perusahaan nantinya membeli perusahaan lain untuk mengambil tim yang dimiliki.

Hal seperti ini biasanya kita temui ketika sebuah perusahaan dengan ide buruk namun tetap mempunya tim yang berkualitas.

Pendanaan Benih

Ini merupakan tahap awal yang didapat dari suatu perusahaan startup. Biasanya, dana awal yang satu ini dipakai sebagai bukti bahwa startup dapat berjalan sebelum langkah selanjutnya untuk mencari dan mengambil sumber dana.

Seri-A, B, dan lain lain. Pendanaan

Proses lanjut setelah pendanaan benih, pada taham ini perusahaan sudah mendapatkan dana dan siap menerima pendanaan lainnya dari VC (Venture Capital).

Modal Ventura

Dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan dana yang sumbernya dari bermacam sumber, baik dari individu maupun kelompok.

Dana tersebut ditujukan untuk startup yang memang memerlukan dananya, dan jenis saham tertentu akan menjadi tawaran untuk timbal baliknya.

Angel Investor

Invesot dengan jumlah kekayaan besar yang memberikan investasi kepada startup. Pada umumnya mereka yang menjadi Angel Investor menganggap sebagai hutan atau kepemilikan saham. Mereka biasanya melakukan investasi di awal pemesanan, dan startup yang mendapatkannya adalah perusahaan yang telah memperlihatkan perkembangannya dengan baik.

Bootsraping

Keadaan startup kekurangan modal sampai pebisnis tersebut mendanai startupnya sendiri.

Traction

Sebuah bukti terdapat orang yang mau membeli produk yang ditawarkan pada bisnis startup anda.

Burn rate

Besar dana yang dihabiskan untuk startup selama belum mendapatkan keuntungan.

Pelarian

Sisa umur startup yang disesuaikan dengan dana yang masih tersedia.

Pivot

Penggambaran jalannya startup yang tidak sesuai rencana, kemudian secara mendadak harus mengganti arah untuk keselamatan startup atau mencari peluang yang baru.

Intial Public Offering / IPO

Istilah ini dipakai ketika startup menjual saham pertama di bursa saham, dan istilah ini juga dipakai pada bisnis lainnya.

Merge & Acquistion (M&A)

Merge adalah keadaan dua startup bergabung menjadi satu dan situasinya salah satu startup membeli aset dari startup lain yang bergabung.

Acquistion sendiri merupakan pengambil alih semua otoritas perusaahan serta seluruh aset suatu startup.

Growth Hacking

Menciptakan strategi pemasaran dengan tenaga kerja non teknis dengan fokus pada pemasaran produk yang telah dibuat.

Unicorn

Startup yang nilai perusahaannya mencapai 1 milliar dollar.

Decacorn

Tingkat lanjutan dari unicorn dengan nilai lebih dari 51 milliar dollar.

Hectocorn

Level tertinggi dibanding unicorn dan decacorn, dimana nilai perusahaan sudah mencapai 150 milliar dollar lebih.