Peluang Usaha Rumahan di Perkotaan dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan di Perkotaan dengan Modal Kecil

Ada banyak macam jenis bisnis atau peluang usaha yang bisa dilakukan di rumah sendiri dengan modal yang kecil. Walau modal kecil dan dilakukan di rumah, jenis bisnis ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Malah banyak dari mereka yang awalnya hanya mencoba-coba namun akhirnya menjadi pemasukan utama mereka.

Usaha ini disebut usaha rumahan karena memang dikerjakan dirumah tanpa memiliki kantor, ruko atau tempat khusus untuk menggerakkan usahanya. Di tambah lagi hanya perlu mengeluarkan sedikit modal. Jika Anda tertarik, berikut beberapa tips menemukan tempat dan lokasi yang strategis.

Analisa Ide dan Gagasan Usaha Rumahan

Carilah Ide untuk memulai bisnis mulai dari bisnis rumahan, UKM, sampinga atau jenis lainnya. Lihatlah situasi dan kondisi disekitar menurut pandangan kita secara luas.

Hal ini dilakukan untuk mencari cara menangkap konsumen supaya usaha pilihan kita meraih banyak perhatian. Yang mana setelah itu bisa meraup banyak keuntungan.

Inilah beberapa faktor untuk menemukan ide bisnis dan peluang usaha dari lingkungan sekitar tempat tinggal atau masyarakat perkotaan.

Masyarakat perkotaan

Tempat ini terbilang menjanjikan untuk usaha rumahan, karena masyarakat yang cukup banyak dan tentunya akan semakin potensial dan cepat meraih perhatian.

Contoh usaha kecil yang di lingkungan masyarakat:

1. Usaha jasa atau pelayanan

Masyarakat kota bisanya sibuk dengan pekerjaan dan rutinitas mereka sebagai karyawan yang bekerja di luar. Dengan demikian mereka masih kekurangan waktu untuk melakukan hal kecil untuk keperluan hidup sehari-hari.

Banyak peluang yang bisa kita pikirkan jika mengetahui kondisi seperti ini, contohnya melayani panggilan sesuai dengan keahlian yang kita miliki.

Contoh: cuci kamar mandi, tukang pipa, tukang listrik, servis elektronik seperti TV, kulkas, atau bahkan servis HP dan masih banyak lagi.

2. Usaha makanan

Modal kecil dapat membuat kita membangun usaha makanan dengan menu yang sederhana, dan ini menjadi salah satu peluang usaha yang menarik dan menguntungkan.

Mereka yang sibuk dengan pekerjaan dan lebih menyukai sesuatu yang instan tentu akan memilih membeli makanan langsung daripada harus memasaknya sendiri.

3. Usaha reseler

Pilihan reseler termasuk bisnis yang bisa saja dilakukan tanpa modal uang, namun perlu mengeluarkan tenaga dan pikiran. Disini kita yang menjalani bisnis reseler bertindak sebagai media promosi dan akan mendapatkan komisi dari penjualan.

Bisnis ini menjadi tren untuk ibu rumah tangga dan remaja, dimana mereka menawarkan barang dagangan dengan katalog. Contohnya seperti pakaian, produk kecantikan sampai peralatan rumah tangga dan sebagainya.

4. Membuka kursus

Bagi kalian yang memiliki kemampuan dalam pendidikan akademik dan bisa memberikan pengajaran yang berkualiatas, ini bisa menjadi peluang bisnis dengan membuka kursus.

Memang pekerjaan ini tidak memerlukan modal uang, namun kita dituntut untuk memiliki waktu luang yang cukup serta ilmu yang memumpuni di bidang pelajaran yang akan kita pakai untuk diajarkan.

Kita bisa membukanya di rumah sendiri atau datang langsung ke setiap rumah anak didik secara privat. Lewat rekomendasi dari rumah ke rumah yang menyewa kursus kita bisa semakin dikenal oleh masyarakat setempat.

Bisnis seperti ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memang pekerjaannya sebagai seorang guru, mahasiswa atau saat masih magang. Kalian bisa membuka kursus khusus anak-anak yang masih di jenjang sekolah dasar atau siswa menengah pertama.

Awalnya memang kalian akan mendapatkan promosi di sekitar lingkungan warga kalian mengajar, tapi jika kalian memiliki usaha yang sangat baik dan kualitas mengajar kalian yang memuaskan, bukan tidak mungkin lama kelamaan usaha kalian akan semakin luas dengan cepat.