Pengertian Perusahaan Multinasional

Pengertian Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional atau disebut dengan PMN yang dalam bahasa inggris disebut sebagai Multinational Corporation (MNC) adalah sebuah perushaan yang memiliki lokasi di banyak negara. Perusahaan ini biasanya sudah sangat besar, sehingga mereka memiliki cabang kantor yang banyak sampai ke negara lain.

Negara kita sendiri Indonesia sudah memiliki perusahaan yang termasuk dalam perusahaan multinasional.

Ciri-cirinya Perusahaan Multinasional Adalah Sebagai Berikut:

– Kegiatan serta pendapatan perusahaan ini tidak terbatas.

– Memiliki manajemen global yang bertugas mengkoordinasi cabang-cabang mereka yang terkenal dibanyak negara.

– Memiliki kontrol terhadap teknologi serta modal

– Memiliki sistem modal ventura, lisensi, dan juga waralaba dengan sistem manajemen yang lebih dari batas negara

– Memiliki subkontraktor untuk kegiatan produksi

– Memiliki perusahaan yang mereka tempatkan di negara-negara yang sudah maju

– Memiliki visi dan strategi yang berbasis global

Nama Perusahaan Indonesia Level Multinasional

  1. Grup Martha Tilaar

Perusahaan yang berasal dari Indonesia ini sudah mencapai level multinasional dengan memasuki sepuluh negara Asia Pasifik.

Bisnis ini berawal dari usaha yang dilakukan oleh Dr, Martha Tilaar, dimana mereka mengandalkan bahan-bahan alami asli yang berasal dari Indonesia, dimana itu menjadi poin utama mereka sampai bisa bersaing dalam pasar global.

  1. Sido Muncul

Ketika melihat nama perusahaan ini tentunya sangat identik dengan jamu rumahan yang berasal dari kota Semarang.

Sekarang bisnis mereka sudah masuk sampai pasar ASEAN, Hongkong, Timur Tengah, dan malah sampai ke negeri Afrika! Terhitung paling tidak sudah mencapat 250 macam produk dari SidoMuncul yang diterima pasar global.

  1. Poligon

Perusahaan Indonesia yang memproduksi sepeda ini menjadi pilihan populer masyarakat Indonesaia, yang ternyata sudah tembus sampai pasar global.

Poligon sekarang ini sudah mencakup di 62 negara, dimana negara Jerman dan Prancis mereka memiliki paling tidak 50 toko.

  1. Indomie

Perusahaan yang menyediakan produk makanan instan yang berasal dari Indonesia ini sudah sangat terkenal di dunia. Makanan yang menjadi pilihan para anak kost di Indonesia ini telah menginjakkan kaki mereka di 80 negara.

  1. Semen Indonesia

Semen Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertama yang telah menyandang status PMN. Semen Indonesia sukses mengakusisi perusahaan asing dan pasarnya sudah memasuki ASEAN dan Asia Selatan.

  1. Garuda Food

Produk keluaran perusahaan yang sering kita jumpai di supermarket ini ternyata sudah menembus pasar global. Produk makanan ringan yang diterima di negara luar ini sudah mengakuisisi perusahaan asing dan pabrik gula Fuhua Jingjiang Yonghe.

  1. Freeport Indonesia

Perusahaan yang bergerak di bidang tambang dan eksplorasi (tembaga, perak, dan juga emas) ini beroperasi di dunia. Freeport sangat terkenal di dunia, tidak perlu diragukan lagi.

  1. Bank DBS Indonesia

Perusahaan ini bergerak dibidang logam mulia, dan perusahaan ini termasuk dalam kategori perbankan. DBS Indonesia merupakan bagian dari grup DBS yang berada di negara Singapura.

  1. Unilever Indonesia

Perusahaan ini mengeluarkan produk yang sangat berat, karena banyak kantor cabang dan juga manajemen yang tersebar di banyak belahan dunia. Produknya tidak asing bagi kita tentunya, karena kebanyakan produk rumah tangga kalian berasal dari PT Unilever ini.

  1. Rohto Laboratories Indonesia

Ketika melihat namanya, pasti kita memikirkan obat tetes mata, yang ternyata perusahaan ini telah mencapai level multinasional. Produk mereka sudah diterima oleh banyak negara di dunia.