Proses Pendaftaran Online Pangkalan Gas Elpiji Tabung 3Kg

Proses Pendaftaran Online Pangkalan Gas Elpiji Tabung 3Kg

Setelah kita memiliki persyaratan untuk mendaftarkan diri membuka usaha pangkalan gas elpiji 3kg, kita bisa mendaftarkannya langsung ke tempatnya. Jika kita tidak memiliki waktu banyak untuk datang langsung, kita bisa melakukan pendaftaran secara online.

Langkah pendaftaran online usaha pangkalan gas elpiji :

  1. Kunjungi website https://spbu.pertamina.com/registration/domesticgas.html lalu klik “Daftar Sekarang” pada tab “Keagenan LPG”.
  2. Pilih antara LPG PSO (khusus LPG bersubsidi) dan Keagenan LPG Non PSO (LPG tidak bersubsidi).
  3. Pilih lokasi yang sesuai dengan alamat perusahaan Anda.
  4. Setelah itu, Anda akan memberikan beberapa dokumen:
  • Surat perjanjian kerja sama
  • Izin Pendirian Usaha
  • Izin Gangguan
  • Rekomendasi
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Tanda Daftar Perusahaan

Selanjutnya, Anda perlu menunggu kedatangan dari tim survei Pertamina guna menganalisa apakah Anda layak membuka pangkalan gas elpiji. Ada 2 hal yang sangat krusial dalam pengajuan, yang pertama adalah lokasi tempat usaha serta kondisi dari keungan yang meminta permohonan untuk membuka usaha.

Modal memang menjadi hal penting sebagai persiapan untuk membuka usaha, kita juga perlu memiliki lahan serta surat kerjasama antar sesama agen, dan semua itu perlu mendapat kelulusan dari survei yang dilakukan oleh pihak pertamina.

Ketika survei sudah selesai dan kalian mendapatkan izin, maka Anda sudah resmi menjadi sub agen elpiji. Dalam usaha ini modal menjadi hal besar yang diperlukan, karena kita perlu membangun gudang yang sangat aman sesuai standar, agar menyimpan gas elpiji tetap terawat dan jauh dari bahaya api dan sejenisnya.

Kita diwajibkan untuk menyetok tabung gas sebanyak 1000 tabung, dan kisaran harganya pun tidak murah, bisa mencapai 150.000 rupiah per tabungnya. Di tambah lagi dengan biaya untuk perawatan transportasi yang kita gunakan untuk mengangkat tabung gas.

Kita akan menjalankan bisnis gas elpiji, yang mana seberapapun modal yang kita keluarkan, itu akan menjadi usaha yang tidak akan mati dan selalu meraih keuntungan. Karena kita tahu masyarakat setiap harinya memerlukan gas elpiji untuk kebutuhan sehari-hari.

Dalam membuka usaha seperti ini kita memerlukan skala yang besar, agar kira bisa menyuplai kebutuhan lebih banyak lagi untuk disalurkan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Untuk masyarakat di daerah pedesaan yang belum dijangkau oleh Pertamina, ada alternatif lain, dimana mereka bisa menggunakan kayu atau arang untuk memasak sehari-hari. Hal tersebut membuat bisnis seperti ini masih cukup sulit untuk di targetkan.