Tips dan Cara Kerjasama Dengan Waralaba Indomaret Serta Keuntungannya

Tips dan Cara Kerjasama Dengan Waralaba Indomaret Serta Keuntungannya

Siapa yang tidak tahu Indomaret, mini market yang satu ini pasti bisa kita temui di tiap wilayah Indonesia. Kemanapun anda pergi, pasti ada Indomaret disana.

Indomaret merupakan minimarket yang menjual berbagai kebutuhan yang diperlukan masyarakat setempat, entah itu kebutuhan primer maupun sekunder. Indomaret memiliki kelebihan tersendiri, dimana kalian bisa dengan mudah menemukan lokasinya serta pelayanan yang baik, sebab itulah banyak masyarakat yang memiliki tempat ini untuk berbelanja.

Indomaret juga memberikan kemudahan pada finansial anda, dimana untuk membayar tagihan itnernet, BPJS dan sebagainya bisa dilakukan lewati Indomaret.

Ini adalah usaha waralaba yang diminati para pebisnis karena hasilnya yang menjanjikan. Usaha waralaba sendiri banyak dipilih para pebisnis karena resiko gagalnya sangat minim, karena usaha ini memiliki sistem usaha yang kokoh dilihat dari yang sudah ada. Sebab itulah pelaksanaan serta manajemennya fokus pada strategi pemasaran, tidak harus berpikir terlalu sibuk pada bagian sistem dan manajemen.

Jika anda ingin bergabung juga ke dalam waralaba Indomaret, kalian harus melengkapi beberapa langkah sampai bergabung secara resmi.

Langkah-langkah Bergabung Ke Waralaba Indomaret

1. Dokumen

Persiapkan dokumen persyaratan sesuai permintaan bisnis waralaba ini, beberapa dokumennya harus bersangkutan dengan data kependudukan.

  • Salinan dan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Salinan dan asli Kartu Keluarga (KK) dan atau,
  • Salinan dan asli identitas lain

Dokumien identitas memang sulit dipenuhi, karena dokumen seperti ini sudah pasti kalian dapatkan ketika berumur 17 tahun.

2. Lokasi usaha yang strategis

Semua dokumen yang diperlukan sudah tersedia, anda dapat melangkah ke step berikutnya dengan memilih lokasi yang bisa anda bangun Indomaret.

Perhatikan beberapa faktor lokasi:

Aksesibilitas kendaran
Dekat dengan jalan raya
Aksesibilitas konsumen seperti terletak pada daerah ramai, sarana umum, dan lain sebagainya.

Ini adalah hal yang amat penting, karena ini menentukan tempat yang kalian pilih akan ramai atau tidak. Cari tempat dengan aksebilitas terbaik, karena kebanyakan orang akan datang ke tempat yang mudah mereka capai. Persiapkan lahan dengan minimal 120-200 meter persegi untuk membuka Indomaret.

3. Surat kelengkapan usaha

Siapkan surat kelengkapan usaha :

  • Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Surat Izin Untuk Perusahaan (SIUP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Untuk IMB dan SIUP, kalian perlu datang ke Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu, sementara NPWP datanglah ke kantor pajak. NPWP yang dibuat bukan jenis NPWP, namun NPWP usaha waralaba.

4. Modal Investasi

Siapkan modal untuk diberikan kepada pihak Indomaret, hal tersebut sebagai tanda pemilik merek ketika memohon kerjasama yang sudah anda setujui. Modal yang dikeluarkan bergantung dengan jenis usaha yang kita pilih. Memilih membuka Indomaret sejak awal atau mengambil alih yang memang sudah dibuka sebelumnya.

Untuk membuka bisnis ini, kita perlu mengeluarkan modal dari 300 juta sampai 400 juta rupiah. Jika mengambil alih mitra lama, kalian hanya perlu mengeluarkan 150 sampai 200 juta rupiah, biaya tersebut sudah termasuk berjualan selama masa kontrak berlangsung yaitu tiap 5 tahun.

5. Mendaftar melalui Call Center

Semua syarat diatas sudah terpenuhi, kalian dapat menghubungi Call Center Indomaret untuk menyampaikan bahwa anda berminat untuk bergabung dengan Indomaret. Hubungi di 1500-580 atau kunjungi www.indomaret.co.id.

Setelah itu kalian bisa menunggu kabar dan kedatangan dari tim survei Indomaret, dimana mereka akan mengecek lokasi yang sudah anda pilih sebagai lokasi dibangunnya Indomaret.

6. Tahap Persentasi

Setelah itu tim dari verifikator Indomaret akan melakukan proses persentasi yang akan terdiri dari dua tahap.

Tahap pertama adalah memperhitungkan keuntungan toko tiap bulan, modal investasi serta sistem operasional toko. Bawalah dokumen yang isinya surat izin yang sebelumnya sudah anda miliki.

Tahap kedua adalah mendapatkan hasil survei sebelumnya bahwa anda layak, serta perencanaan anggaran belanja dan juga jumlah investasi modal.

Setelah semua sudah siap, anda akan melakukan tandatangan kontrak dengan pihak Indomaret. Mencakup dari tugas dari kedua pihak, mulai dari pengurusan izin, pembukaan toko, renovasi, seleksi, pelatihan karyawan, pembelian perlengkapan dan pembayaran termin.

7. Pembukaan toko

Semuanya sudah berjalan dengan baik, kalian sudah siap dan memasuki tahap terakhir, yaitu pembukaan toko. Proses serta promosi akan dilakukan serta ditentukan oleh pihak Indomaret. Pembukaan ini ada juga tandatangan kontrak yang isinya kerjasama dalam kurun waktu 5 tahun kedepan. Ketika masa kontrak sudah berakhir, akan ada evaluasi yang dilakukan oleh pihak Indomaret, dimana mereka akan menentukan apakah kerjasama ini bisa dilanjutkan atau tidak.

Bergabung dengan Indomaret adalah langkah tepat bagi anda para pemula yang ingin berbisnis, kenyataannya banyak yang meraih keuntungan dengan waralaba ini dan sistemnya yang minim akan risiko kerugian.