Anak EO

Tips dan Strategi Memulai Bisnis Event Organizer (EO)

Bisnis Event Organizer (EO) memang pekerjaan yang sering kali dicari oleh banyak orang untuk membuat sebuah acara. Penggunaan Event Organizer terasa lebih praktis dan lebih mudah, karena pemilik dari acara bisa fokus dengan hal lain selain acara tersebut.

Kebanyakan orang mungkin memandang Event Organizer adalah bisnis yang berjalan di bidang pagelaran acara, baik kecil ataupun besar.

Bisnis ini semakin hari semakin menjadi perhatian banyak orang, karena bisnis ini dianggap berpeluang besar sukses dan menjanjikan. Ditambah banyak orang yang lebih memilih menyewa Event Organizer dalam suatu acara. Hal ini membuat bisnis Event Organizer dapat berkembang dengan baik kedepannya.

9 Hal penting untuk memulai usaha dan bisnis event organizer (EO)

1. Memiliki Pengalaman Yang Cukup

Pastikan kalian berpengalaman dalam acara ini, paling minim kalian sudah pernah terlibat dalam bidang ini. Peminat jasa seperti ini menuntuk keahlian khusus dari penyedia jasa, sama dengan Event Organizer, diperlukan pengalaman dalam menjalankan bisnis ini.

Jika tertarik dengan bisnis ini namun kurang berpengalaman tentunya kalian akan menemukan masalah nantinya, karena bisnis ini butuh pengalaman khusus yang memang sudah dibuktikan lewat berbagai acara yang dipegang. Cobalah bergabung dalam tim Event Organizer yang lain untuk mendapatkan pengalaman dan sebagai langkah awal.

2. Membangun Tim Kerja Yang Solid

Keuntungan terjun dalam bisnis Event Organizer salah satunya adalah kita dapat bertemu dengan berbagai klian dengan karakter yang berbeda-beda serta berbagai keperluan serta kebutuhannya. Hal tersebut membuat kita tidak mungkin menjalankannya seorang diri saja, anda memerlukan kerja sama 1 tim untuk mengurus sebuah event sebagai Event Organizer.

Lebih bagus jika anda mandapatkan orang yang benar-benar ahli dalam tin anda, sehingga mampu bekerja dalam sebuah tim. Dengan begitu acara yang anda pegang pastinya akan berjalan dengan lancar dan membuat klien kalian puas.

3. Perbanyak Relasi

Perbanyak relasi bisnis Event Organizer anda, sehingga anda akan mendapatkan klien lebih mudah lagi yang tentunya menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis anda. Dibutuhkan kemampuan untuk membuat sebuah relasi yang mendatangkan banyak klien. Rekomendasi dari klien akan mendatangkan klien baru dan tentunya akan berkembang lebih besar lagi. Ketika itu sudah berjalan lancar, tentunya anda tidak perlu repot untuk datang ke tempat klien.

4. Komitmen Yang Kuat

Semua usaha baru memang membutuhkan yang namanya modal, modal materi atau immateri sekalipun. Kita bisa mendapatkan modal dari KTA atau program pinjaman modal usaha pemerintah lainnya.

Ketika sudah mendapatkan pinjaman modal, simpan modal tersebut untuk dipakai ketika ada orang yang menyewa jasa Event Organizer anda. karena biasanya ada klien yang membayar setengah di awal acara dan sisanya di akhir. bahkan ada juga yang langsung membayar penuh.

Hal ini dilakukan untuk membuat anda lebih mempersiapkan diri dan selalu antisipasi dengan modal yang cukup untuk suatu acara, sampai akhirnya anda mendapatkan bayaran penuh.

5. Kreatifitas Yang Tinggi

Kalian harus memiliki konsep serta penanganan yang tepat jika kalian ingin berhasil menjalankan bisnis Event Organizer. Selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman, hal tersebut membuat konsumen tidak bosan dengan konsep acara yang anda tawarkan. Selalu berusaha dengan kreativitas yang tinggi di tiap acara.

6. Kesabaran Untuk Terus Belajar

Menjalankan bisnis tentu terkadang akan menemui sebuah masalah, hal yang sama juga berlaku dalam bisnis Event Organizer, karena kita tahu anda menjalankan bisnis dengan bekerjasama sebagai satu tim.

Kita dituntut memenuhi kemauan klien, hal seperti ini memerlukan kesabaran yang lebih. Jadi kalian lebih baik belajar dan perbanyak pengalaman di bidang Event Organizer, sehingga keterampilan anda semakin baik.

7. Memanfaatkan Teknologi Untuk Promosi

Jaman semakin berkembang, itu membuat kita dapat merasakan kemudahan dalam menjalankan bisnis dan pekerjaan. Kita bisa menggunakan media sosial untuk promosikan bisnis Event Organizer kita, karena kebanyakan orang sudah melakukannya.

Dengan media sosial kita dapat mempromosikan jasa bisnis kita dan tentunya lebih efektif dan efisien. Malah lewat media ini kalian akan semakin terbantu dan membuat relasi kalian semakin luas.

8. Perluas Wawasan Dengan Mencari Informasi

Kita dituntut untuk belajar dan terus belajar, hal ini dilakukan agar diri anda terus maju dan membuat bisnis anda semakin inovatif dan kreatif. Hal seperti ini perlu kalian terus lakukan sebagai pemegang bisnis Event Organizer, kalian akan dituntut mengikuti perkembangan di tengah masyarakat, ini pun membuat klien tidak bosan dengan apa yang anda tawarkan.

Jangan pernah berhenti mencari informasi tentang bisnis Event Organizer, den anda perlu memperluas pengalaman anda seterusnya, sehingga kalian akan menjadi salah satu Event Organizer yang terbaik.

9. Evaluasi Tim dan Kinerja

Kerja tim adalah hal terpenting dalam bisnis Event Organizer, penting bagi anda sebagai pemegang Event Organizer untuk memastikan tim kalian memiliki komposisi terbaik dan bisa saling melengkapi serta kompak.

Sebab itulah perlu dilakukan evaluasi setiap kali event yang anda pegang sudah selesai, dari sana kalian akan mengetahui apakah tim kalian masih solid atau tidak. Jika ada satu saja dari tim kalian yang bekerja tidak maksimal, itu akan mempengaruhi performa Event Organizer anda dan bisa saja akan membuat acara jadi bermasalah.

Anda sebagai pemegang Event Organizer tidak ingin bisnis anda bermasalah karena tim anda sendiri. Jangan sampai menganggap remeh, karena lama kelamaan akan membuat bisnis anda terancam. Sebab itulah evaluasi selalu diperlukan, agar kita tahu apa kesalahan dan kekurang dari Event Organizer yang kita pegang. Sehingga kita dengan cepat dapat membenahinya dan membicarakannya bersama tim.

Dari hal tersebut diharapkan Event Organizer yang anda pegang kedepannya akan semakin maju dan tentunya membuat klien anda semakin puas dengan hasil kerja anda.