Tips Memilih Dan Menentukan Tempat Usaha

Tips Memilih dan Menentukan Tempat Usaha

Keberhasilan dalan bisnis salah satunya ditentukan dengan lokasi tempat usaha yang dijalankan, tidak lupa melihat situasi serta kondisi tempat pilihan Anda. Hal tersebut cukup penting untuk meningkatkan penjualan produk ataupun jasa.

Tidak mudah menemukan tempat yang strategis, ditambahlagi dengan modal yang terbatas. Sebelum kita memilih tempat, pikirkan dulu jenis udaha apa yang akan kita jalankan nanti. Contohnya menjalankan usaha kuliner, kita wajib memilih tempat yang ramai dan sering kali dilewati banyak orang.

Pikirkan juga akses menuju tempat usaha Anda, apakah mudah untuk dikunjungi dan disekitarnya juga aman. Itu menjadi salah satu faktor penting dalam memilih tempat usaha yang strategis.

Faktor penting menentukan lokasi tempat usaha yang tepat dan strategis

Berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam memilih tempat usaha :

1. Lokasi mudah terlihat

Akan ada banyak perhatian tertuju pada tempat usaha Anda jika berada di tempat yang mudah terlihat, hal tersebut juga memudahkan Anda memperkenalkan produk yang Anda jual.

Selain itu juga bisa menekan biaya promosi untuk awal pembukaan usaha Anda, seperti promo peluncuran produk Anda yang baru dan sebagainya.

Contohnya kuliner, pilih tempat yang sering menjadi lokasi wisata, karena itu adalah tempat yang strategis. Para pendatang akan memilih produk Anda untuk di bawa pulang ke rumah mereka sebagai oleh-oleh.

Contoh foto copy, bangunlah usaha Anda di sekitar area sekolahan, kantor, atau kampus. Disana ada banyak pelajar serta karyawan yang membutukan tempat foto copy untuk mencetak pekerjaan, membeli alah tulis dan perlengkapan lainnya.

2. Biaya sewa atau membali tempat untuk usaha

Kalau dana yang Anda miliki besar, belilah tempat yang strategis untuk usaha Anda, karena cara ini lebih menguntungkan. Karena membeli bangunan sama dengan investasi, jadi tidak masalah jika kita membeli bangunan sebagai modal untuk jangka panjang.

Lain halnya dengan menyewa, jika kita menyewa tempat yang strategis, tentu harga yang perlu di bayar terbilang besar karena daerahnya. Pastikan Anda memikirkan jumlah modal yang Anda miliki sebelum memutuskan untuk menyewa gedung dengan tempat yang strategis, seperti menghitung keuntungan yang bisa kita dapatkan tiap bulannya apakan bisa menutupi biaya gedung dan membeli bahan untuk stok produk di hari selanjutnya.

Belum lagi memikirkan biaya sewa yang akan berakhir dan kita berniat memperpanjangnya, kemungkinan tempat yang strategis bisa menambahkan harga sewa. Di tambah lagi jika bisnis kita berkembang pesat, tentu harga sewa akan semakin naik.

3. Akses mudah dicapai

Poin ini sangat bergantung dengan kenyamanan konsumen yang sangat mudah mengakses tempat usaha Anda.

Walau tempatnya strategis dan ramai orang lewat, hal itu akan percuma jika Anda tidak memiliki lahan parkir. Contohnya tempat yang bersebelahan dengan jalan, banyak orang yang tentunya memilih tidak berhenti dijalan, karena mereka beranggpakan tempat tersebut kurang nyaman.

Contohnya di mall, Jika Anda memiliki tempat usaha di lantai teratas, biasanya pengunjung sangat malas untuk pergi kesana. Kita bandingkan dengan penjual kaos distro di dekat jalan, mereka akan mendapatkan keuntungan karena pada calon pembeli cenderung lbih banyak yang memilih untuk membeli produk tersebut.

4. Hubungan sosial dengan konsumen

Kita menyebutnya sebagai segmen pasar yang tepat, selain memilih tempatnya kita juga perlu menjalani interaksi dengan calon pembeli, misalnya menjabarkan beberapa profil produk pilihan kostumer.

Pertama anda harus mampu melayani konsumen lebih akrab, hal tersebut dilakukan untuk mengetahui keluhan kostumer dan mengetahui apa yang sangat dibutuhkannya.

5. Perijinan bisnis dan usaha

Hal ini sering kali dilupakan dan di anggap remeh, padahal ligelitas itu adalah hal yang cukup penting. Bukan sekedar membatasi perijinan usaha, tapi juga bermacam segi tentang bisnis anda.

Ini bisa menjadi risiko besar di kemudian hari, dan akan menjadi dampak yang sangat buruk untuk usaha Anda.

Rasa menyesal akan semakin dirasakan ketika usaha Anda sudah berkembang, kemudian legalitas perizinan ditanyakan dan menjadi masalah yang fatal.

6. Lingkungan sekitar tempat usaha

Lingkungan sekitar tempat bisnis dan usaha adalah faktor yang mempengaruhi pandangan serta minat konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Minat konsumen terhadap barang atau jasa dari usaha Anda juga berpengaruh dengan lingkungan sekitar tempat Anda membangun usaha. Contohnya Anda menjual makanan di sekitar area hiburan malam, itu akan menjadi sebuah batasan bagi para konsumen yang sering datang ke tempat tersebut.

Contohnya orang yang sedang mencari makanan untuk dimakan, terlihat tempat usaha Anda yang menjual makanan namun lingkungan Anda berjualan membuatnya tidak nyaman. Hal tersebut bisa membuatnya tidak memilih tempat Anda dan lebih memilih lokasi lain untuk mencari makanan.

Poin Penting Menentukan Tempat Usaha Yang Strategis

Setelah penjelasan tentang apa saja yang perlu kita perhatikan untuk memilih lokasi untuk membuka usaha, ada poin penting lain yang harus kalian pikirkan dalam membuka lokasi bisnis. Sebenarnya adalah salah satu insting alami yang tentunya sudah bisa Anda pikirkan sendiri untuk memilih tempat yang strategis untuk membuka usaha, dan itu bisa menjadi tolak ukur.

Hal tersebut adalah memperhatikan jenis usaha yang akan Anda jalani, lihatlah lokasi tempat Anda akan berjualan, apakah dalam jarak 1 KM ada tempat lain yang membuka usaha yang sama seperti Anda?

Jika ada yang sama, lebih baik Anda memilih tempat lain atau memilih jenis usaha lain yang akan Anda jalankan. Namun jika tempat tersebut dalam jarak yang ditentukan tidak ada orang lain yang membuka usaha sama seperti Anda, maka kalian bisa membukanya disana dan jangan sampai ada orang lain yang mendahului usaha yang akan Anda buat disana.