Tips Memulai Usaha Makanan Khas Daerah dan Strategi Menjalankannya

Tips Memulai Usaha Makanan Khas Daerah dan Strategi Menjalankannya

Memilih bisnis untuk dijalankan tidak bisa asal pilih, kita perlu memikirkan ide unik dan menjalankannya dengan niat. Salah satu ide menarik untuk membuka usaha adalah dengan menjalankan bisnis makanan khas daerah. Seperti yang kita tahu kalau beberapa artis Indonesia sudah mulai menjalankan bisnis ini, mereka seperti :

  • Teuku Wisnu, dengan produk oleh-oleh Malang Strudel
  • Dude Herlino, dengan produk oleh-oleh Jogja Scrummy
  • Irwansyah, dengan produk oleh-oleh Medan Napoleon
  • Zaskia Sungkar, dengan produk oleh-oleh Surabaya Snowcake, dsb

Akhir-akhri ini, bisnis oleh-oleh menjadi jenis usaha yang banyak diminati. Faktanya terlihat dari banyaknya orang yang mencari oleh-oleh untuk di bawa pulang ketika mereka pergi ke suatu tempat / daerah.

Ditambah lagi jika oleh-oleh tersebut memiliki rasa yang enak dan dibungkus dengan kemasan yang menarik. Hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pembeli.

8 Tips Memulai Usaha oleh-oleh khas daerah

Jika kalian mengikuti dan ingin menjalani bisnis oleh-oleh khas daerah, pastikan anda memperhatikan beberapa tips untuk memulai usaha ini. Mungkin saja ini bisa menjadi inspirasi anda. Berikut adalah tipsnya :

1. Menjual Produk Khas Daerah

Untuk membuka bisnis ini, kalian perlu memasukan ciri atau unsur yang lekat dengan daerah tersebut, sehingga yang anda jual memang oleh-oleh yang khas dari tempat tersebut. Contohnya seperti Arti Indonesia Teuku Wisnu, ia menjual produk dengan ciri khas daerah Malang yaitu buah Apel, Lampung dengan pisangnya, Bogor dengan buah talas, dan masih banyak lagi.

2. Berikan Sentuhan Modern Pada Produk Anda

Titik ini menjadi yang penting juga untuk anda, menjual oleh-oleh khas daerah bukan berarti anda menjual makanan ini tanpa memberikan inovasi. Sebab itulah perhatikan tipe bisnis yang sekarang ini memang sedang naik daun, yang pastinya mereka memberikan inovasi pada produk mereka dengan modern.

Kalian pasti bingung dan bertanya-tanya, seperti apa sentuhan tersebut? contohnya anda bisa memberikan sentuhan pada kemasannya, tambahkan varian rasa, dan masih banyak lagi.

3. Modal Yang Cukup

Sebelum anda menjalankan bisnis, awal yang perlu kalian pikirkan adalah modal, jika kalian kurang persiapan, itu bisa menjadi hambatan untuk bisnis anda terutama saat membeli alat serta produksi tambahan.

Jika modal kurang, kalian bisa memikirkan untuk meminta bantuan jasa finansial seperti bank, investor atau pinjaman koperasi.

4. Bekerjasama Dengan Jasa Tour and Travel

Strategi pemasaran ini bisa anda terapkan, mengapa kerjasama dengan tour dan travel perlu dipertimbangkan? Karena kita tahu kalau lembaga ini menjadi salah satu peran penting untuk wisatawan pergi ke tempat wisata atau tempat membeli oleh-oleh khas daerah.

Bekerjasama dengan lembaga tour dan travel bisa membuat outlet anda semakin ramai pengunjung. Kalian bisa memulainya dengan beberapa agen tour dan travel besar yang terdapat di daerah anda.

5. Endorse orang terkenal untuk mendukung produk anda

Langkah berikutnya kita perlu beberapa orang terkenal untuk membuat produk kita dikenal oleh banyak orang. Carilah orang di media sosial seperti Instagram dengan follower yang banyak, kita bisa memintanya memperkenalkan produk kita lewat akun media sosial mereka. Untuk anggara endorse-nya bergantung dengan terkenalnya orang yang kita endorse.

6. Sewa jasa konsultan

Bila anda benar-benar serius untuk menjalani bidang ini namun kurang mengerti strategi tentang bisnis ini, anda bisa memakai jasa konsultan, mereka akan memberikan anda ide serta solusi bisnis.

Konsultan akan membantu anda untuk branding produk, pemasaran, logo produk, kemasan dan lain sebagainya.

7. Lokasi

Anda perlu memilih lokasi yang strategis untuk membuka usaha ini, pilihlah lokasi di tempat seperti pinggir jalan rasa, dekat tempat pariwisata yang tentunya memiliki lahan parkir yang memadai. Untuk membuka tempat kita memang perlu mengeluarkan biaya sewa yang mahal, namun anggaplah ini ini modal awal yang perlu dikeluarkan untuk keberhasilan bisnis anda.

8. Pelayanan

Yang terakhir tentunya adalah pelayanan, memang hal yang terlihat biasa namun ini sangatlah penting. Berilah sapaan pada calon pembeli dengan senyuman dan melayaninya dengan baik. Anda bisa memberikan pelayanan seperti bantuan dengan menawarkan beberapa informasi tentang produk yang anda jual.